SKL UN 2011
KISI-KISI UJIAN NASIONAL SMK
NO.
|
STANDAR KOMPETENSI LULUSAN
|
INDIKATOR
|
1.
|
Memahami isi berbagai bentuk wacana nonsastra seperti berbagai teks bacaan dari media cetak, laporan, petunjuk kerja, aturan, otobiografi, biografi, grafik, matriks, bagan, diagram, denah, dan jadwal; dan bentuk wacana sastra seperti prosa, puisi, dan drama, serta menanggapi isinya secara kritis.
|
Menentukan unsur-unsur isi wacana.
|
Menentukan jenis laporan.
| ||
Menentukan isi petunjuk kerja.
| ||
Menentukan isi riwayat hidup/biografi.
| ||
Menentukan isi grafik/matriks.
| ||
Menentukan tanggapan terhadap isi paragraf.
| ||
Menentukan penggunaan berbagai jenis kata.
| ||
Menentukan kalimat tanya yang sesuai dengan konteks.
| ||
Menentukan perubahan makna kata.
| ||
Menentukan ungkapan/peribahasa dalam teks.
| ||
Menentukan unsur intrinsik puisi.
| ||
Menentukan unsur intrinsik cerpen/novel/drama.
| ||
Menentukan unsur ekstrinsik novel.
| ||
2.
|
Menulis berbagai teks dalam konteks bermasyarakat; membuat parafrasa;
menulis jenis-jenis wacana (naratif, deskriptif, ekspositoris, argumentatif); meringkas teks; menyimpulkan isi teks; menulis proposal, surat, dan laporan.
|
Melengkapi kalimat rumpang.
|
Menentukan kalimat efektif.
| ||
Menentukan kalimat padu.
| ||
Melengkapi paragraf rumpang.
| ||
Menentukan penulisan kata sesuai EYD.
| ||
Menentukan jenis karangan.
| ||
Menentukan pola pengembangan paragraf.
| ||
Menentukan penulisan berbagai unsur proposal.
| ||
Menentukan penulisan bagian-bagian surat.
| ||
Menentukan penulisan jenis-jenis surat.
| ||
Menentukan penulisan unsur-unsur karya ilmiah.
| ||
Menentukan catatan isi rapat.
| ||
Menentukan bagian-bagian isi laporan.
| ||
Menentukan kalimat pengumuman.
| ||
Menentukan kalimat poster.
|
42. BAHASA INGGRIS SMK
NO.
|
STANDAR KOMPETENSI LULUSAN
|
INDIKATOR
|
1.
|
Mendengarkan
Memahami ungkapan-ungkapan instruksi-instruksi, percakapan dan monolog sederhana untuk kepentingan kehidupan, konteks profesional maupun pribadi pada tingkat novice, elementary maupunintermediate.
|
Picture
|
Menentukan pernyataan lisan dengan tepat tentang kegiatan yang sedang berlangsung di dalam ruangan (indoor)/di luar ruangan (outdoor) sesuai dengan gambar.
| ||
Menentukan pernyataan lisan dengan tepat tentang lokasi suatu benda/posisi seseorang sesuai dengan gambar.
| ||
Menentukan pernyataan lisan dengan tepat tentang penampilan (ciri-ciri fisik) seseorang/deskripsi benda sesuai dengan gambar.
| ||
Menentukan pernyataan lisan tentang keadaan/situasi di suatu tempat/gedung/wilayah, sesuai dengan gambar.
| ||
Questions-Response
| ||
Menentukan respons yang tepat terhadap ungkapan saran/permohonan yang diberikan secara lisan.
| ||
Menentukan respons yang tepat terhadap ungkapan yang mendeskripsikan benda/perbandingan suatu benda secara lisan.
| ||
Menentukan respons yang tepat terhadap ungkapan yang mengungkapkan kejadian/peristiwa di koran/berita/kejadian yang dialami seseorang secara lisan.
| ||
Menentukan respons yang tepat terhadap ungkapan tentang arah atau lokasi suatu tempat/keberadaan seseorang yang diberikan secara lisan.
| ||
Short Conversation
| ||
Menentukan gambaran umum/informasi tertentu/informasi rinci tersurat/informasi tersirat dari percakapan singkat tentang suatu kemungkinan/rencana yang diberikan secara lisan.
| ||
Menentukan gambaran umum/informasi tertentu/informasi rinci tersurat/informasi tersirat dari percakapan singkat tentang kegiatan sehari-hari/di waktu lampau/di waktu akan datang yang diberikan secara lisan.
| ||
Menentukan gambaran umum/informasi tertentu/informasi rinci tersurat/informasi tersirat dari percakapan singkat tentang pemesanan sesuatu/pemberitahuan tentang keadaan suatu barang yang diberikan secara lisan.
| ||
Menentukan gambaran umum/informasi tertentu/ informasi rinci tersurat/ informasi tersirat dari percakapan singkat tentang suatu perbandingan/pemilihan benda yang diberikan secara lisan.
| ||
Short Talk (Monolog)
| ||
Menentukan gambaran umum/informasi tertentu/informasi rinci tersurat/informasi tersirat dengan tepat dari monolog singkat yang diberikan secara lisan tentang proses pengerjaan/pembuatan suatu barang/prosedur melakukan sesuatu.
| ||
Menentukan gambaran umum/informasi tertentu/informasi rinci tersurat/informasi tersirat dengan tepat dari monolog singkat yang diberikan secara lisan tentang pengalaman kerja/kegiatan atau aktivitas di sekolah/pusat bisnis.
| ||
Menentukan gambaran umum/informasi tertentu/informasi rinci tersurat/informasi tersirat dengan tepat dari monolog singkat yang diberikan secara lisan yang berbentuk pengumuman singkat/iklan.
| ||
2.
|
Membaca
Memahami kata-kata dan istilah asing serta kalimat sederhana berdasarkan rumus, memo, menu sederhana, jadwal perjalanan, manual penggunaan peralatan, surat-surat bisnis dan dokumen-dokumen teknis sederhana pada tingkat novice, elementarymaupun intermediate.
|
Incomplete Dialog
|
Menentukan ungkapan yang berhubungan dengan permohonan/pemberian saran.
| ||
Menentukan ungkapan yang berhubungan dengan penanganan tamu/percakapan di telepon/percakapan pribadi.
| ||
Menentukan ungkapan yang berhubungan dengan kejadian masa lampau/kejadian yang sedang berlangsung.
| ||
Menentukan ungkapan yang berhubungan dengan undangan/pesan singkat.
| ||
Menentukan ungkapan yang berhubungan dengan perijinan/pemberitahuan.
| ||
Menentukan ungkapan yang berhubungan dengan keluhan/meminta/memberi bantuan.
| ||
Menentukan ungkapan yang berhubungan dengan perintah/permohonan/saran.
| ||
Menentukan ungkapan yang berhubungan dengan rencana/janji yang akan datang.
| ||
Menentukan ungkapan yang berhubungan dengan pengandaian/pilihan tindakan.
| ||
Menentukan ungkapan yang berhubungan dengan penyampaian rasa simpati/persetujuan.
| ||
Menentukan ungkapan yang berhubungan dengan pemberian arah/lokasi suatu benda/tempat/posisi seseorang.
| ||
Menentukan ungkapan yang berhubungan dengan kegiatan rutin/kegiatan masa lampau.
| ||
Menentukan ungkapan yang berhubungan dengan pemesanan suatu barang/ jasa.
| ||
Menentukan ungkapan yang berhubungan dengan suatu kemungkinan/ pendapat.
| ||
Menentukan ungkapan yang berhubungan dengan kegiatan yang sedang berlangsung/suatu rencana.
| ||
Error Recognition
| ||
Menentukan kata/frasa yang benar untuk menggantikan kata/frasa yang salah dalam ungkapan perbandingan benda/orang.
| ||
Menentukan kata/frasa yang benar untuk menggantikan kata/frasa yang salah dalam ungkapan yang berhubungan dengan deskripsi benda/tempat.
| ||
Menentukan kata/frasa yang benar untuk menggantikan kata/frasa yang salah dalam ungkapan yang berhubungan dengan penawaran/persuasi/ permohonan.
| ||
Menentukan kata/frasa yang benar untuk menggantikan kata/frasa yang salah dalam ungkapan yang berhubungan dengan deskripsi fisik seseorang (physical appearance)/benda.
| ||
Menentukan kata/frasa yang benar untuk menggantikan kata/frasa yang salah dalam ungkapan yang berhubungan dengan yang berhubungan dengan pengandaian/membuat pilihan.
| ||
Menentukan kata/frasa yang benar untuk menggantikan kata/frasa yang salah dalam ungkapan yang berhubungan dengan penyampaian perasaan suka/simpati.
| ||
Reading Comprehension
| ||
Menentukan pikiran utama/gambaran umum/informasi rinci tersurat/ informasi tersirat/rujukan kata/frasa /makna kata/frasa dari surat bisnis/memo/pesan.
| ||
Menentukan pikiran utama/gambaran umum/informasi rinci tersurat/ informasi tersirat/rujukan kata/frasa /makna kata/frasa dari sebuah tabel/diagram/jadwal/grafik.
| ||
Menentukan pikiran utama/gambaran umum/informasi rinci tersurat/ informasi tersirat/rujukan kata/frasa /makna kata/frasa dari teks recount tentang pengalaman kerja/kejadian yang dialami.
| ||
Menentukan pikiran utama/gambaran umum/informasi rinci tersurat/ informasi tersirat/rujukan kata/frasa /makna kata/frasa dari sebuah teks procedure tentang mengerjakan sesuatu seperti manual/resep/petunjuk.
| ||
Menentukan pikiran utama/gambaran umum/informasi rinci tersurat/ informasi tersirat/rujukan kata/frasa /makna kata/frasa dari teks iklan (advertisement) tentang sebuah produk/tempat/jasa.
|
43. MATEMATIKA SMK (KELOMPOK TEKNOLOGI, KESEHATAN, DAN PERTANIAN)
NO.
|
STANDAR KOMPETENSI LULUSAN
|
INDIKATOR
|
1.
|
Melakukan operasi bilangan real dan menerapkannya dalan bidang kejuruan.
|
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan untung rugi.
|
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan perbandingan.
| ||
Menentukan hasil operasi bilangan berpangkat.
| ||
Menyederhanakan bentuk akar.
| ||
Menentukan nilai dari operasi bentuk logaritma.
| ||
2.
|
Memecahkan masalah yang berkaitan dengan fungsi, persamaan fungsi linear dan fungsi kuadrat.
|
Menentukan gradien atau persamaan garis.
|
Menentukan titik potong, titik puncak, atau persamaan grafik fungsi kuadrat.
| ||
3.
|
Memecahkan masalah yang berkaitan dengan sistem persamaan dan pertidaksamaan linear.
|
Menentukan himpunan penyelesaian pertidaksamaan linear satu variabel.
|
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan sistem persamaan linear dua variabel.
| ||
4.
|
Menyelesaikan masalah program linear.
|
Menentukan model matematika atau daerah himpunan penyelesaian sistem pertidaksamaan linear.
|
Menentukan nilai optimum fungsi objektif.
| ||
5.
|
Menyelesaikan masalah matriks dan vektor serta menerapkannya dalam bidang kejuruan.
|
Menentukan hasil operasi pada matriks.
|
Menentukan unsur-unsur yang belum diketahui pada kesamaan dua matriks.
| ||
Menentukan hasil operasi pada vektor.
| ||
Menentukan besar sudut antara dua vektor.
| ||
6.
|
Memahami konsep keliling dan luas bangun datar, luas permukaan dan volume bangun ruang serta menerapkannya dalam bidang kejuruan.
|
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan keliling atau luas bangun datar.
|
Menentukan luas dan volume suatu bangun ruang.
| ||
7.
|
Menerapkan prinsip-prinsip logika matematika dalam pemecahan masalah yang berkaitan dengan pernyataan majemuk dan pernyataan berkuantor.
|
Menentukan nilai kebenaran pernyataan majemuk.
|
Menentukan negasi dari pernyataan majemuk.
| ||
Menentukan konvers, invers, atau kontraposisi dari pernyataan berbentuk implikasi.
| ||
Menarik kesimpulan dari dua premis.
| ||
8.
|
Menerapkan konsep perbandingan trigonometri dalam pemecahan masalah.
|
Menentukan panjang salah satu sisi segitiga siku-siku menggunakan perbandingan trigonometri.
|
Menentukan koordinat kutub bila diketahui koordinat kartesius atau sebaliknya.
| ||
Menentukan nilai selisih dua sudut, bila diketahui perbandingan trigonometri sinus dan tangen.
| ||
9.
|
Menyelesaikan masalah dengan konsep peluang.
|
Menyelesaikan masalah menggunakan konsep permutasi atau kombinasi.
|
Menentukan peluang atau frekuensi harapan suatu kejadian.
| ||
10.
|
Menerapkan aturan konsep statistik dalam pemecahan masalah.
|
Menginterpretasikan data yang disajikan dalam bentuk diagram.
|
Menentukan cara/langkah untuk menentukan modus data berkelompok.
| ||
Menghitung mean dari data berkelompok.
| ||
Menentukan simpangan baku dari data tunggal.
| ||
Menentukan kuartil dari data berkelompok.
| ||
11.
|
Menggunakan konsep limit fungsi dan turunan fungsi dalam penyelesaian masalah.
|
Menentukan nilai limit fungsi aljabar.
|
Menentukan turunan fungsi aljabar dalam bentuk
f(x) = .
| ||
12.
|
Menggunakan konsep integral dalam penyelesaian masalah.
|
Menentukan integral dari fungsi aljabar.
|
Menentukan luas daerah yang dibatasi dua kurva.
| ||
Menentukan volume benda putar.
| ||
13.
|
Memecahkan masalah yang berkaitan dengan barisan dan deret.
|
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan barisan dan deret.
|
SISTEM INFORMASI
ABOUT SMK
SCHOOL INFO
We have 24 guests online
© 2008 SMK N 1 Mojosongo
Tidak ada komentar:
Posting Komentar